Cari Blog Ini

Sabtu, 27 Juni 2015

Burung Cendet mBagong/mBalon dan Miyik/mBayeki beserta Penanganannya

Kali ini saya akan mengulas tentang kebiasaan mBagong/mBalon dan Miyik/mBayeki yang banyak dijumpai pada hampir semua burung cendet yang terkadang bikin pemiliknya pusing tujuh keliling karena kebiasaannya itu.

Beberapa contoh cendet mbagong 







Sebenarnya banyak sekali cara-cara penanganannya hanya saja banyak pula yang belum mengetahuinya. Cara-cara ini adalah hasil dari pengalaman pribadi para anggota CMS Group Solo yang saya jadikan satu dalam artikel ini. Langsung saja.

Cara Pertama :
Cendet full kerodong tetapi ketika kerodong dibuka, burung langsung di semprot. Jadi cendet harus selalu dalam keadaan basah sewaktu dibuka kerodongnya. Ketika burung dijemur, dekatkan dengan burung kecil, fungsinya hampir sama sebagai entul/untul untuk memancing keberanian si burung (bahasa manusianya : cah cilik we wani ngoceh kok aku sing gede ra wani). Demikian yang cara pertama untuk cendet mbalon atau miyik. Untuk mengetahui tingkat keberhasilannya kita bisa mencoba mendekati cendet kita, kalau masih mbalon/miyik kita mundur 1 langkah lalu kita goda pakai tangan. Kalau masih mbalon/miyik mundur lagi 1 langkah, ketika cendet sudah tidak mbalon/miyik coba kita goda pakai jangkrik. Kalau masih mbalon/miyik kita semprot lalu lakukan hal yang sama yaitu menggoda cendet sampai bisa berkurang kebiasaan tersebut.

Cara Kedua :
Untuk miyik yang sudah kelewat batas/parah padahal umur sudah diatas 6 bulan caranya bisa kita loloh lagi pakai voer basah dan lama kelamaan bisa sembuh kebiasaan miyik tersebut.

Cara Ketiga :
mBagong/miyik bisa saja karena kurang birahi atau burung sedang tidak kondisi. Caranya adalah untuk jangkrik tidak perlu di stel dulu. Dikasih sampai burung benar-benar kenyang, setelah itu dimandikan sampai benar-benar basah lalu lanjut di jemur full. Usahakan jangan digoda tangan terlebih dulu sampai benar-benar hilang kebiasaan miyik/mbagonnya.

Cara Keempat :
Beri jangkrik dan EF full. Caranya yaitu untuk burung yang sudah bisa makan sendiri jangan disuapin/memberi jangkrik pakai tangan langsung. Sebaiknya EF dan jangkrik lansung ditaruh ke dalam cepuk makanan. Sewaktu miyik usahakan untuk extra cuek/cuek bebek kepada burung tersebut, jangan melihatnya apalagi untuk menggodanya. Jangan lupa selain full EF itu tadi siapkan juga cepuk khusus voer yang dicampur UK,UH/kroto agar burung mau mencobanya. Yang ini untuk cendet yang masih trotol. Pada kasus mbagong/mbalon bisa dicoba dengan menyemprot burung menggunakan air dingin/air es sewaktu burung sedang mbagong/mbalon. Itu dilakukan untuk memberikan efek kejut/rasa jera karena mbagong. Perlahan-lahan kebiasaan itu nanti akan hilang sendiri asal kita konsisten dan telaten melakukannya.

Contoh cendet miyik


Sementara itu dulu yang bisa saya sampaikan. Sambil berjalan nantinya bisa dilengkapi kekurangannya.
Salam Toet-Toet CMS Group Solo.......



Download suara masteran burung cendet :
Download Suara Masteran1 
Download Suara Masteran2 

3 komentar:

  1. Mas saya mau tanya,kenapa cendet trotolan waktu masa mabung pertama tak krodong baru 2minggu kok malah tiba2 mbagong waktu mau kasih makan dan minum dan membersihkan kandang,padahal sebelumnya baik2 saja,dan tidak pernah memanjajakan burung,cuma waktu mabung di krodong full dan tidak di manfikan

    BalasHapus
  2. Mas saya mau tanya,kenapa cendet trotolan waktu masa mabung pertama tak krodong baru 2minggu kok malah tiba2 mbagong waktu mau kasih makan dan minum dan membersihkan kandang,padahal sebelumnya baik2 saja,dan tidak pernah memanjajakan burung,cuma waktu mabung di krodong full dan tidak di manfikan

    BalasHapus
  3. Mas pentet saya kok kalau di cetetti malah mbagong padahal udah gacor dan baru 2 Minggu

    BalasHapus